Jumat, 01 Oktober 2010

Pengertian, Tujuan, Hubungan dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar

I.Pengertian Ilmu Dasar Sosial ( ISD )

Secara singkat Ilmu Sosial Dasar adalah Ilmu pengetahuan yang menelaah atau membahas tentang masalah – masalah sosial yang menggunakan pengertian – pengertian ( fakta, konsep, teori ) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu sosial. Seperti : Sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psychology sosial.
Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan gabungan dari Ilmu – ilmu sosial yang dipadukan. Karena, masing – masing sebagai disiplin ilmu yang memiliki objek dan metode ilmiah secara individual ( sediri – sendiri ) yang tidak mungkin dipadukan.
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau ilmu pengetahuan

II.Tujuan Ilmu Sosial Dasar ( ISD )


Untuk mengembangkan kepribadian seseorang untuk memahami dan menyadari adanya kenyataan – kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial yang ada didalam masyarakat. Seseorang tersebut harus Peka terhadap masalah – masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha – usaha menanggulanginya sehingga dapat menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul di dalam masyarakat yang selalu bersifat kompleks dan hanya mendekati ( mempelajarinya ) secara kritis – interdisipliner.
Serta memahami jalan pikiran para ahli pada bidang Ilmu pengetahuan lainnya dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul didalam masyarakat.


III.Hubungan Ilmu Sosial Dasar ( ISD ) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )

Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan, yaitu :
Persamaannya adalah Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial. Adapun perbedaannya adalah Ilmu Sosial Dasar diberikan diPerguruan Tinggi sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan. Ilmu Sosial Dasar merupakan satu mata kuliah tunggal sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan). Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian sedang untuk Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketermpilan intelektual.


IV.Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar ( ISD )

Pengembangan materi Ilmu Sosial dasar lebih berpusat untuk membahas tentang masalah – masalah sosial. Untuk Menelaah masalah – masalah sosial dapat dilakukan dengan cara mengindentifikasi fakta – fakta sosial serta memahami konsep sosial tertentu.
Materi Ilmu Sosial Dasar dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu : kenyataan sosial di masyarakat, konsep atau pengertian tentang kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
Masyarakat memiliki persamaan dan perbedaan dalam kepentingan, pola pemikiran dan pola tingkah laku, baik secara individual maupun kelompok. Dari sebab itulah sering terjadinya gesekan atau konflik, kesetiakawanan, kejasama antar individu maupun kelompok. Masalah yang terjadi di masyarakat tidak lepas dari ruang lingkup ilmu sosial dasar dan diharapkan mempelajari serta memahami adanya masalah hubungan perkembangan masyarakat dan kebudayaan, masalah individu, keluarga, pemuda, sosialisasi, hubungan antara warga Negara, pelapis sosial, kesamaan derajat. Adapun masalah yang terjadi pada masyarakat di kota maupun di desa, adanya pertentangan sosial dan integrasi. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar